Digital Marketing: Depinisi,Fungsi dan Tujuan Untuk Perusahaan Lengkap
Digital Marketing adalah sebuah upaya dalam pemasaran sebuah produk, jasa dan layanan. Namun, perbedaannya adalah medianya. Digital marketing adalah sebuah pemasaran yang dilakukan melalui media internet atau media online.
Jika dibandingkan dengan teknik pemasaran konvensional pada umumnya atau tradisional, saat ini metode digital marketing lebih banyak diminati dalam melakukan pemasaran produk. Dengan mengeluarkan biaya yang sangat rendah, pemasaran dapat memberikan hasil yang tergolong sangat memuaskan.
Nilai tambah lainnya dari strategi pemasaran digital marketing ini adalah kemudahan dalam penggunaannya.
Fleksibilitas interaksi yang terjadi di antara calon konsumen atau pelanggan dengan perusahaan juga salah satu nilai tambah yang sangat tinggi.
Definisi digital marketing
Berdasarkan dari informasi Smart Insights, definisi digital marketing adalah kesempatan menjangkau konsumen melalui sebuah perangkat, platform, media, data, dan teknologi digital untuk memudahkan mendapatkan konsumen.
Sementara itu, informasi menurut Hubspot menyebut pengertian digital marketing adalah semua upaya pemasaran dengan memanfaatkan sebuah perangkat elektronik dan jaringan internet.
Fungsi digital marketing
Digital marketing dilakukan dengan menggunakan media internet agar secara mudah terhubung secara langsung dengan calon konsumen. Meski satu sama lain belum saling mengenal tetapi teknologi digital marketing memungkinkan pelaku bisnis untuk melakukan komunikasi dengan konsumen.
Sehingga bisa menjadi lebih dekat dan akan menjadikan produk tersebut banyak di kenal orang apalagi di jaman sekarang yang sudah modern jadi sebuah pemasaran menggunakan digital marketing banyak di gunaka oleh prusahaan.
Tujuan digital marketing untuk perusahaan
Tujuannya adalah untuk menarik para konsumen dating dan calon konsumen secara cepat atau membuat produk jadi di kenal luas oleh masyarakat. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas.
Sehingga peluang untuk mendapatkan calon konsumen sangatlah besar, tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan mulai dari perusahaan kecil maupun perusahan yang sudah berkembang besar.
Kelebihan digital marketing
1. Kemudahan evaluasi
Dengan menggunakan sebuah media online, hasil dari kegiatan pemasaran dapat langsung diketahui dan akan mendapatkan hasil yang sangat maksimal.
Informasi seperti berapa lama produk Anda ditonton oleh masyarakat, berapa banyak orang yang melihat produk Anda, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan yang anda tayangkan di media dan sebagainya.
2. Murah dan efektif
Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, tentu saja digital marketing jauh lebih murah dan terbialng sangat efektif untuk memasarkan sebuah produk supaya di ketahui oleh calon konsumen.
3. Jangkauan lebih luas
Kelebihan selanjutnya yaitu jangkauan yang terbilang geografis dari DM yang begitu luas. Anda dapat menyebarkan brand atau produk ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan jaringan internet.
4. Membangun nama brand
Digital marketing membantu Anda membangun nama brand dengan baik, dan akan cepat di kenal oleh masyarakat bahkan dunia.
Nah, sobat demikian informasi mengenai Digital Marketing yang sangat detail, semoga menjadi bacaan yang bermanfaat salam satu cuan.